Wednesday, June 28, 2017

5 Kesalahan Terbesar Waktu Wawancara Kerja


Saat Wawancara [dok. Jooble]
Setiap hari ribuan pencari kerja di seluruh dunia bermimpi untuk menemukan pekerjaan baik yang digaji tinggi dan cukup bergengsi. Selain mempersiapkan CV yang baik, mereka perlu mengalahkan ribuan pelamar kerja dengan berturut-turut menjalani berbagai wawancara kerja. Silahkan simak beberapa tips tentang 5 kesalahan saat wawancara kerja dari perwakilan Jooble, agregator lowongan kerja internasional.

1. Pilih busana yang sesuai
Sekarang ini semakin banyak perusahaan tidak lagi menggunakan dress-code di kantor. Namun, ini tidak berarti bahwa Anda boleh berpakaian terlalu casual atau malah tidak rapi. Baju yang tidak disetrika atau terlihat terlalu boros akan membuat kesan negatif terhadap Anda di depan mata pemberi kerja. Coba memakai baju yang sederhana saja seperti kemeja dan celana atau jeans biasa. Kesederhanaan dalam penampilan belum pernah mempengaruhi keputusan perusahaan waktu wawancara kerja. 
2. Jangan pernah berbohong
Ketika membuat CV, sebutkan hal-hal yang real dan yang benar-benar dimiliki Anda. Tidak usah memperindah keterampilan dan pengetahuan Anda, apalagi kalau mereka kurang kuat. Pewawancara akan langsung melihat jika Anda berbohong atau ingin terlihat lebih “keren” di depan matanya. Anda kan tidak mau terlihat lucu iya? Contohnya, jika tingkat bahasa Inggris Anda kurang tinggi, jangan pernah tulis di CV bahwa Anda punya advanced level of English. Anda pasti tidak akan mempelajarinya sebelum wawancara kerja.
     3. Tidak usah sebutkan fakta negatif tentang tempat kerja sebelumnya
Jika ditanyakan tentang pengalaman sebelumnya, jangan pernah menceriatakan sesuatu yang tidak baik tentang pemberi kerja Anda. Apalagi, pemberi kerja baru dapat menganggap Anda terlalu sombong dan sulit dalam proses kerja. Pewawancara selalu membandingkan perilaku Anda pada jabatan yang sebelumnya dengan apa yang bisa dia harapkan dari pekerjaan Anda di perusahaannya.
4. Hati-hati menjilat
Pertama-tama tunjukkan keterampilan dan pengetahuan profesional Anda. Baru setelah itu mulai kasih komplimen atau bercanda dengan para rekan kerja. Jangan berbuat sebaliknya, supaya tidak terlihat sama sekali tidak serius pada awal karir Anda di suatu perusahaan.
5. Bicara dengan bijak
Wawancara kerja merupakan proses yang kompleks dan sangat menarik. Banyak yang ditanyakan dan banyak yang harus dijawab. Akan tetapi, terlepas dari itu semua, ingatlah bahwa saat wawancara kerja Anda adalah pekerja baru, bukan sebaliknya. Tidak usah sebutkan seri favorit Anda atau hobi yang mungkin akan dianggap aneh. []

Saat ini berprofesi jadi BTW, Kadang jadi BLOGGER, yang pasti jadi TEACHER dan semoga jadi WRITER;)