Monday, April 23, 2018

Berburu Data Orang Indonesia || Hari Ke-259

arifsae.com - Pak Zulkifli, orang dari Konsulat yang menjadi kordinator untuk wilayah yang saya ketuai. Wilayah itu adalah Terusan 2, Terusan 1, Andamy, Rumidi dan Sabah Plm. Untuk hari ini, saya sudah diminta untuk mulai mencari data-data orang Indonesia yang bekerja di Ladang-Ladang Sawit tersebut.

Dulu, bayangan saya begitu mengerikan. Satu ladang saja, itu luasnya minta ampun. Dan jumlah pendudukanya ribuan. Saya membayangkan datang ke rumah satu-satu dan menanyakan keberadaanya. Kalau seperti itu, saya tidak ada waktu mengajar. Untung saja, Pak Zul memberikan alternatif untuk mendatangi ofic dan tinggal meminta data nya saja. Beres.
Ofic Terusan 2
Lebih simple pasti. Saya lebih memilih yang itu, karena kerjaan saya tidak hanya itu, tapi mengurus sekolahan juga. Kalau dua-duanya dikerjakan, jelas tidak mampu. Untung ada solusi. Pagi ini meski sedikit gerimis, saya ke Ofic Terusan 2. 

Saya masuk, terlihat sepi. Saya diarahkan ke Kakak Kerani untuk mengurus data-data itu. Orang sini menyebut data orang pemilihan dengan sebutan Banci. Terlihat aneh ya, tapi itulah disini. Saya diberikan pelayanan yang cukup baik, tapi tidak bisa sekarang, baru dijanjikan beberapa hari kedepan. 
Bu Aji Menemani
Kerjaan juga lebih simple. Sekali masuk Ofic saja, saya dijanjikan akan mendapat data dari Terusan 2, Terusan 1 dan Rumidi. Jadi sekali kerja, 3 ladang beres. Simple kan? Memang ke-3 ladang itu satu estate dibawah naungan Wilmar. Dan ofic Terusan 2 merupakan ofic besarnya. karena akan dijanjikan esok lusa, saya beralih ke Andamy. Karena sudah beda ladang.

Saya menuju ke sekolahan. Mengajak Bu Aji ke Ofic, karena dia yang paling tahu tentang data orang Andamy. Apalagi dia sudah mengenal orang-orang Andamy yang berada di Ofic. Kami menuju ke Ofic Andamy, disana dijanjikan juga esok lusa. Meski tidak dapat, tapi saya sudah memberikan landasan, tinggal memanen data saja esok hari.
Ujian Nasional Pertama
Saya tidak lama-lama, setelah mengantar Bu Aji ke sekolahan lagi, saya langsung pulang. Mempersiapkan nanti siang ujian Nasional hari pertama. Kali ini mereka saya suruh ke Terusan 2 semua. Karena ini ujian penentu, mereka saya minta datang lebih awal.

Kali ini saya mengurus sendirian, untung saja mereka datang sesuai jadwal. Bisa di tebak, mereka mengerjakan sama saja dengan Ujian Sekolah tempo hari, asal-asalan, yang penting selesai. Mungkin karena mereka tidak tahu efeknya. Biarlah. Terserah mereka saja. Selesai ujian, saya makan keluar, makan di Kedai Nur Cahaya sendiri. Makan nasi goren. Seharian tidak makan.[]
Lanjut Hari Ke-260 DISINI.