Thursday, January 7, 2021

Danudirja Setyabudi, Riwayat Singkat #PahlawanNasional7

Danudirja Setyabudi
(sumber gambar: direktoratk2krs.kemsos)


Data Tokoh :


Berasal dari Jawa Timur

Lahir 8 Oktober 1879 di Pasuruan, Jawa Timur

Meninggal 28 Agustus 1950 di Bandung,Jawa Barat

Meninggal di usia 70 tahun

Di makamkan Cikutra, Bandung

No Sk 590  Tahun  1961

Tgl Sk 09 November 1961


Riwayat Singkat :

Pejuang Pergerakan Kemerdekaan Indonesia, Politikus, Wartawan, Aktivis, Penulis. Salah satu dari “Tiga Serangkai”. Penggagas nama “Nusantara”. Peletak dasar nasionalisme Indonesia di awal abad ke-20.


Pendiri Indische Partij pada 1912. Indiesche Partij mempropangandakan cita-cita kemerdekaan sehingga memiliki banyak anggota sampai sekitar 7.500 orang dari 30 cabang.


Douwes Dekker dibuang ke Belanda karena menentang perayaan 100 tahun Belanda merdeka dari Prancis di Hindia Belanda. Di Belanda, ia belajar ilmu ekonomi sambil bergambung dengan Indiesche Vereeniging (Perhimpunan Indonesia). Kemudian ia mendirikan National Indische Partij pada 1919.


Mendirikan sekolah Ksatrian Institut, sebuah sekolah yang menitik beratkan pada pengajaran yang membentuk jiwa nasionalis.


Menjadi guru besar pada Akademi Ilmu Politik dan anggota Dewan Pertimbangan Agung. Dalam Kabinet Syahrir III, ia diangkat menjadi Menteri Negara dan juga sebagai penasehat delegasi RI dalam perundingan-perundingan dengan Belanda.


Sumber Artikel: direktoratk2krs.kemsos