Thursday, April 19, 2018

Ujian Pulang Malam || Hari Ke-255

arifsae.com - Mencari waktu yang tepat untuk mengerjakan laporan adalah di pagi hari ini. Masih ditemani dengan hujan pagi hari ini. Padahal, rencananya nanti sore saya akan ke Terusan 1 untuk ujian disana. Karena dari kemarin ujian berlangsung di Terusan 2, jadi hari ini rencananya ujian akan dilaksanakan di Terusan 1.

Berarti Fikar yang dari Terusan 2 harus ke Terusan 1 untuk melaksanakan ujian disana. Rencananya saya akan ke Terusan 1 dengan Bu Aji, kalau tidak ada kawan kesana, rasanya malas ditengah jalan yang lumayan jauh ini.
Jalan Menuju Terusan 1
Jam 12 Bu Aji datang. Sempat ngobrol sebentar, kami menuju ke Terusan 1 jam 1 Siang. Saya sudah mengatakan pada mereka, untuk datang tepat waktu, yaitu jam 2. Maksudnya biar ujiannya selesai, dan besok tidak ke Terusan 1 lagi. Tinggal menyelesaikan administrasi yang menguras tenaga.

Tapi dasarnya mereka, tidak bisa menghargai waktu. Sudah saya wanti-wanti untuk datang jam 2, malah baru kumpul jam 3 sore. Ujian baru dimulai jam 3, mereka sudah lengkap dan siap melaksanakan ujian. Ujian hari ini berjalan lancar, mereka menyelesaikan seperti biasa. 
Ujian Terakhir
Mereka mengumpulkan seperti biasa. Saya juga bersiap-siap untuk pulang ke Terusan 2. Tapi ketika berkas sudah siap, ada kabar dari group WA, kalau besok soal Ujian Nasional akan segera dikirimkan ke ladang-ladang. Padahal soal tinggal satu lagi, akhrinya, setelah berdiskusi dengan Bu Aji, saya memanggil anak-anak yang sudah pulang itu untuk melakukan ujian hari ini juga. Harus selesai, jam berapapun.

Akhirnya mereka dipanggil satu-persatu. Mereka memulai mengerjakan ssoal lagi, ada yang sudah olah raga, ada yang sudah pulng ke rumah. Tapi demi kepentingan mereka juga, akhirnya terpaksa harus mengerjakan lagi. Seluruh adminstrasi juga harus diselesaikan hari ini juga. Samapi jam 7 malam mereka selesai, sempat bertemu Cikgu Stella, dan menanyakan tentang sistem ujian di Indonesia.
Gate Terusan 1
Jam 7 malam kami baru pulang. Tidak tanggung-tanggung, harus melewati jalanan gelap yang tanpe penerapan sedikitpun. Untung ada kawan di jalan, kalau sendiri mungkin takut juga. Kami melewati dengan obrolan, seperti biasa. Saya mengantarkan Bu Aji ke Andamy. Dan Fikar yang sudah pulang, harus datang ke rumah dan menyelesaikan ujiannya malam ini juga. Saya istirahat, dia mengerjakan ujian. Besok harus selesai semua.[]
Lanjut Hari-256 DISINI.