Saturday, May 12, 2018

Ratusan Peserta Ikuti Acara Pesta Siaga Anak Indonesia di Malaysia

Pensosbud KJRI KK, Cahyono Rustan Berfoto dengan Seluruh Peserta PESONA
arifsae.com, Sandakan, Sabah-Malaysia – Pelaksana Fungsi Penerangan Sosial Budaya (Pensosbud) Konsul Jenderal RI Kota Kinabalu, Cahyono Rustam, membuka Pesta Siaga Anak Indonesia di Malaysia (PESONA) di Ladang Resort Bousted, Sandakan-Sabah, Kamis (9/5/2018).

Pesta Siaga yang pertama ini berlangsung selama tiga hari, diikuti oleh 167 siswa-siswi jenjang SD dari 9 Community Learning Centre (CLC) Wilayah Distrik Sandakan, Sabah-Malaysia.

Selain dihadiri Pensosbud KJRI KK, upacara pembukaan ini juga dihadiri oleh Manager Ladang Resort, Tuan Abdur Rauf Bin Awang dan tamu undangan lainnya seperti Kordinator Pengubung (KP) Guru Bina Wilayah Sarawak, Lucky Fathria Jatnika.

Upacara pembukaan ini diisi dengan berbagai yel-yel peserta dan tarian PESONA yang dikreasikan oleh kakak-kakak panitia dari CLC SMPT.

Dalam sambutannya, Pensosbud KJRI Kota Kinabalu, Cahyono Rustam menyampaikan bahwa kegiatan PESONA ini merupakan wadah yang harus terus dilaksanakan untuk membina rasa persaudaraan dan menumbuhkan cinta tanah air bagi anak-anak Indonesia yang ada di Sabah.

“Melalui berbagai rangkaian kegiatan PESONA ini, peserta diharapkan bisa mengasah rasa ketrampilan, ketangkasan dan mencintai alam sekitar.” Kata Pensosbud, Cahyono Rustam.

Selain itu, sambutan pembukaan juga disampaikan Manager Ladang Resort, Tuan Abdur Rauf Bin Awang. Beliau sangat mengapresiasi panitia pelaksana yang sudah mengadakan kegiatan PESONA diladangnya, “Semoga kedepan, akan ada anak Indonesia yang sukses dan menjadi orang penting di Indonesia,” Kata Manager Resort itu.

Menurut ketua Pantia PESONA, Siti Aji Pangesti, “Pesta Siaga ini merupakan proses pembelajaran yang baik untuk anak-anak yang berada di ladang Sawit, agar kedepan anak-anak bisa tumbuh secara akademik, psikomotorik, dan yang terpenting menyadari akan pentingnya pendidikan.” Tegasnya.

Pada acara PESONA yang mengusung tema, “Bangga Menjadi Anak Indonesia” ini, selain diisi dengan kegiatan kepramukaan, juga dimuat kegaitan rekreatif berupa kegiatan hiburan, seperti permainan tradisional, pentas seni, serta kegiatan keagamaan.

Kegiatan yang paling ditunggu peserta adalah kegiatan outbond, mereka sangat antusias dalam mengikuti kegitan outbond ini, “Seru, meski penat dan panas tapi ada main lumpur, dan pos-pos yang menyenangkan,” ujar Sabil, salah satu peserta dari CLC Ladang Andamy ini.

Para kakak pembina juga sangat antusias mensukseskan acara ini, “Kegiatan ini harus terus dilanjutkan.” ujar Saharuddin, Kordinator Lapangan sekaligus Guru Tahap 5 yang akan selesai masa tugas pada akhir Mei 2018 ini.

Saharuddin, yang merupakan Guru CLC Ladang Monsok, bersama guru-guru lainnya, seperti Fida Meitasari dari CLC Ladang Resort, Gebya Okta dari CLC Sapi 2 akan mengakhiri masa tugasnya di Sabah yang sudah dilaksanakan selama 5 tahun. Kegaitan PESONA ini merupakan ajang kegiatan terakhir dan juga perpisahan bagi mereka.

Acara berlangsung meriah, meski beberapa kesempatan diguyur hujan deras. PESONA ini berakhir tanggal 10 Mei 2018, sekaligus bertepatan dengan Pemilihan Raya Malaysia ke-14. Acara ini selain untuk mempererat hubungan bilateral antara Indonesia-Malaysia, juga merupakan bentuk promosi bagi anak-anak Indonesia yang berada dipelosok-pelosok ladang Sawit.[]

Saat ini berprofesi jadi BTW, Kadang jadi BLOGGER, yang pasti jadi TEACHER dan semoga jadi WRITER;)