Wednesday, December 23, 2020

Asal Usul Nama Desa Brecek

Kantor Desa Brecek (dokpri)

arifsae.com - Desa Brecek terletak di wilayah Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga. Desa Brecek terletak diantara Desa Penaruban, Desa Sempor Lor, Desa Kaligondang. Desa Brecek termasuk salah satu desa terkecil di wilayah Kabupaten Purbalingga. Sumber kisah yang penulis buat berasal dari wawancara secara langsung kepada salah satu warga masyarakat desa yaitu Bapak Jahidin, beliau menceritakan kisah ini pada hari Minggu tanggal 20 November 2016.


Nama dari Desa Brecek yang berarti bercak mempunyai arti yang sangat berkaitan dengan proses kemerdekaan Indonesia, karena pada saat itu Desa Brecek masih berupa sebuah hutan yang belum berpenghuni. Namun pada saat itu sedang terjadi peperangan yang sangat hebat hingga ada salah seorang pejuang kemerdekaan yang mencoba lari dari pertempuran itu karena beliau mengalami luka yang cukup parah kemudian beliau lari dan melewati hutan.


Karena pada saat itu beliau sedang mengalami luka parah maka darah beliau berceceran menetes pada setiap daerah atau wilayah yang dilewatinya maka dari itu dihutan itu beliau juga meninggalkan tetesan darah atau bercak-bercak darah, maka dari itu setelah ada beberapa orang yang melihatnya dan akan mencoba menghuni hutan itu, mereka memberi nama wilayah hutan ini dengan nama Desa Brecek.


Selain itu di desa yang berpenduduk kurang lebih seribu empat ratus tiga puluh lima ini juga terdapat dua sungai yang menjadi sumber perairan bagi kehidupan warga masyarakatnya. Walaupun sungai ini juga memiliki peranan penting bagi Desa Brecek namun tetap ungai Klawinglah yang menjadi sumber utama bagi desa ini, karena Sungai Klawing merupakan salah satu sungai terbesar di wilayah Purbalingga bahkan Banyumas. 


Namun dua sungai kecil yang mengairi wilayah Desa Brecek ini sangat memiliki arti dan filosofi tersendiri bagi masyarakat sekitar, karena dua sungai ini memiliki sejarah yang sangat berkesan dengan nama yang diberikan kepada dua sungai ini, dua sungai ini dinamai dengan Sungai Brecek dan sungai pasung (masyarakat sekitar biasa menyebutnya dengan Kali Brecek dan Kali Pasung, karena dalam bahasa Jawa sungai biasa disebut kali).


Sungai yang pertama yaitu Sungai Brecek, sungai ini bisa dibilang sebagai ciri khas dari wilayah Desa Brecek, karena sungai ini membagi wilayah Desa Brecek menjadi dua. Letak sungai ini tepat berada di tengah-tengah wilayah Desa Brecek. Pada umumnya wilayah desa tidak memiliki sungai yang berada di tengah-tengah wilayahnya, biasanya sungai berada di sekitar atau dipinggiran desa tersebut. Maka dari itu sungai brecek menjadi salah satu ciri khas wilayah dari Desa Brecek. Sungai ini juga menjadi sumber kehidupan bagi warga masyarakat karena biasanya sungai ini digunakan sebagai tempat untuk mencari ikan.


Sungai yang kedua yaitu Sungai Pasung, nama sungai ini memang sangat unik. Sungai ini dinamai dengan nama sungai pasung memiliki sejarah tersendiri dan merupakan fakta yang terjadi di sekitar wilayah sungai ini berada. Letak sungai ini di ujung wilayah desa yang hamper berbatasan dengan Desa Kaligondang dan Desa Cilapar. Sungai ini diberi nama Sungai Pasung karena pada zaman dahulu di dekat wilayah itu terdapat orang gila yang tengah dipasung, namun nama orang gila tersebut tidak pernah kita ketahui. 


Orang gila itu dipasung di pinggiran sungai tersebut, namun pada awalnya sungai itu merupakan sungai kecil yang sumber airnya pun sedikit. Namun lama kelamaan sungai itu melebar atau membesar yang akhirnya mengakibatkan orang gila yang dipasung tadi tenggelam dan mati dan jasadnya yang masih terpasung terbawa arus sungai, maka dari itu sungai ini disebut dengan Sungai Pasung.

 

Sumber Referensi:

Wawancara dengan Bapak Jahidin, pada tanggal 20 November 2016.

Ditulis oleh Renata Salma P

UNTUK MEMBELI BUKU ASAL USUL 80 NAMA DESA PURBALINGGA DISINI