Sunday, January 10, 2021

dr. Sutomo, Riwayat Singkat #PahlawanNasional10

 

dr. Sutomo
(sumber gambar: direktoratk2krs.kemsos)

Data Tokoh :


Berasal dari Jawa Timur

Lahir 30 Juli 1888 di Ngepeh, Loceret, Nganjuk,Jawa Timur

Meninggal 30 Mei 1938 di Surabaya,Jawa Timur

Meninggal di usia 49 tahun

Di makamkan Bubutan, Surabaya

No Sk 657  Tahun  1961

Tgl Sk 27  Desember  1961


Riwayat Singkat :


Sutomo bersama Suraji, Moh. Saleh, Sarwono, Gunawan, Gumbrek dan Angka, mahasiswa STOVIA,  berperan besar atas terbentuknya  Budi  Utomo, Organisasi Modern Pertama di Indonesia.


Sutomo selama melanjutkan Pendidikan di Belanda,  bergabung dengan ”Indische Vereeniging”,  yang  berganti  menjadi ”Indonesische Vereniging” dan  menjadi Perhimpunan Indonesia. Sutomo memimpin organisasi tersebut  pada periode 1920-1921.


Sutomo bekerja sebagai dosen di NIAS (Nederlandsch Indische Artsen School) di Surabaya dan mendirikan ”Indonesische Studie Club” (ISC)   pada tanggal 11 Juli 1924 yang kemudian berubah menjadi partai ”Persatuan Bangsa Indonesia” (PBI). Melalui PBI  kegiatan di bidang sosial ekonomi semakin menonjol  dapat dilihat dengan berdirinya Rukun Tani, Rukun Pelayaran, Serikat Buruh, Koperasi, Bank Kredit, Pemeliharaan yatim-piatu.


Sutomo  masuk ke dalam politik praktis, dengan menjadi anggota Dewan Kota (Gemeenteraad) Surabaya dan melalui organisasi tersbeut Sutomo memperjuangkan nasib rakyat.


Sumber artikel: direktoratk2krs.kemsos