Monday, January 18, 2021

K.H. Agus Salim, Riwayat Singkat #PahlawanNasional12

 

KH Agus Salim
(sumber gambar: direktoratk2krs.kemsos)

Daftar Tokoh :

Berasal dari Sumatera Barat

Lahir 8 Oktober 1884 di Koto Gadang, Agam,Sumatera Barat

Meninggal 4 November 1954 di Jakarta,Indonesia

Meninggal di usia 70 tahun

Di makamkan TMPN Utama Kalibata

No Sk 657  Tahun  1961

Tgl Sk 27  Desember  1961


Riwayat Singkat :

​Pejuang Kemerdekaan Indonesia, Politisi, Jurnalis, Penulis Buku. Menteri Luar Negeri. Anggota BPUPKI dan Ketua Dewan Kehormatan PWI.


Agus Salim lulus dari HBS dan kemudian memilih untuk belajar sendiri dan menguasai berbagai macam bahasa derah dan negara lain. Ia kemudian merantau ke Jedah dan mempelajari islam lebih dalam dan membuatnya berkenalan dengan tokoh-tokoh modernis Islam seperti Jamaludin Al-Afghani. Pada tahun 1911, ia kembali ke tanah air dan mendirikan HIS.


Karir politiknya dimulai dalam Sarekat Islam (SI), kemudian bersama Samaun pada tahun 1919 ia mendirikan Persatuan Pergerakan Kaum Buruh. Agus Salim juga melontarkan gagasan mengenai Pan Islamisme. Ia juga merupakan anggota Volksraad sampai tahun 1924 ia keluar dan menganut aliran non-kooperatif.


Tahun 1925 bersama Cokroaminoto menerbitkan harian Fajar Asia di Yogyakarta, dan memimpin harian Hindis Baru di Jakarta.


Pada 1929 ia diangkat menjadi ketua Partai Sarekat Islam Indonesia (PSII).


Ia diangkat menjadi anggota BPUPKI dan menjadi anggota Panitia Sembilan. Sejak Proklamasi ia aktif dalam bidang diplomasi sebagai Menteri Luar Negeri.


Sumber artikel: direktoratk2krs.kemsos