Tuesday, January 5, 2021

Mohammad Husni Thamrin, Riwayat Singkat #PahlawanNasional4

Mohammad Husni Thamrin
(sumber gambar: direktoratk2krs.kemsos.go.id)

 

Data Tokoh :


Berasal dari DKI Jakarta

Lahir 16 Februari 1894 di Weltevreden, Batavia(Jakarta, Indonesia)

Meninggal 11 Januari 1941 di Senen,Batavia (Jakarta, Indonesia)

Meninggal di usia 46 tahun

Di makamkan Tanah Kusir, Jakarta


Riwayat Singkat :


Politikus dan Aktifis Kemerdekaan. Tokoh Betawi yang pertama kali menjadi anggota Volksraad (“Dewan Rakyat”) di Hindia Belanda, mewakili kelompok Inlanders (“pribumi”).

 

Thamrin merupakan anggota Dewan Kota yang sering menyaksikan keadaan rakyat dan membuatnya berpidato agar pemerintah segera berupaya untuk memperbiki kampung-kampung di Jakarta. Thamrin kemudian menjadi ketua Kaum Betawi. Kemudian pada tahun 1927, Thamrin alias Mat Seni dilantik menjadi anggota Volksraad.

 

Pada 27 Januari 1930 dibentuk “Fraksi Nasional” dalam Volksraad yang diketuain oleh Thamrin, dan kemudian Thamrin membentuk “Fonds Nasional”. Thamrin juga menjadi ketua Pemufakatan Perhimpunan-perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI) .Thamrin juga menjadi anggota Vereniging van Indonesia Akademici (VLA) dan menjadi anggota Partai Indonesia Raya (Parindra). Pada 1939 Parindra yang diwakili oleh Thamrin bergabung dalam Gabungan Politik Indonesia (GAPI) dengan tujuan “Indonesia Berpalemen”,

 

Masyarakat Jakarta menngenang jasa-jasa M.H. Thamrin sepanjgan masa dan telah memberikannya nama sebagai Abang Betawi atau Abang Jakarta. Cita-citanya untuk kepentinngan rakyat diteruskan dalam “Proyek M.H. Thamrin”.


Sumber artikel: direktoratk2krs.kemsos.go.id