Saturday, February 16, 2013

Asal Nama Desa Karangturi

Balai Desa Karangturi


Secara geografis, Desa Karangturi berada di wilayah Kecamatan Sumbang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Desa Karangturi termasuk desa yang berkembang karena letak desa yang sangat strategis dan juga Desa Karangturi terletak di jalur pariwisata Purbalingga. Kondisi masyarakat Karangturi itu sendiri kebanyakan Petani, Buruh bangunan dan Srabutan. Sebagian Ibu-Ibu masyarakat Karangturi menjadi buruh bulu mata, yang bisa dikerjakan di rumah dan sangat membantu menambah penghasilan. Di Desa Karngturi masih terdapat banyak persawahan yang asri.
Desa Karangturi berbatasan dengan Desa Silado di bagian Timur, di bagian Barat berbatasan langsung dengan wilayah Karang Cegak, di bagian Utara berbatasan dengan Desa Susukan, dan di bagian Selatan berbatasan dengan Desa Linggasari yang sudah berbeda kecamatan. Di sebelah wilayah Timur, Barat, dan Utara masih satu kecamatan dengan Karangturi. Potensi yang ada di Desa Karangturi yaitu Pertanian, Perikanan Darat, dan Hortikultura.
Desa Karangturi pada awal pemerintahan di pimpin oleh Bapak Wirjadihardjo yaitu pada tahun 1945 sampai dengan tahun 1987 jadi pada masa awal pemerintahan ini berlangsung selama 42 tahun, yang pada masa itu belum ada peraturan pemerintah tentang masa jabatan kepala desa, jadi pada masa pemerintahan Bapak Wirjadihardjo menjadi kepala desa yang sangat lama. Kemudian kepemimpinan di lanjutkan  oleh Bapak Hadi Wibowo yaitu pada tahun 1987 sampai dengan 1994 (7 tahun). Lalu, pada tahun 1994 sampai tahun 2002 dipimpin oleh Bapak Masturi, pada masa pemerintahan Bapak Masturi ini berlangsung 8 tahun masa jabatannya. Kepemimpinan ini di lanjutkan oleh Ibu Puji Pangestuti dari tahun 2002 sampai dengan tahun 2007, pada masa pemerintahan Ibu Puji Pangestuti hanya berlangsung selama 5 tahun masa jabatannya. Ibu Puji Pangestuti merupakan kepala desa perempuan pertama di Desa Karangturi. Selanjutnya, pemerintahan Desa Karangturi dipimpin oleh Bapak Harun untuk masa jabatan periode tahun 2013 sampai dengan tahun 2019. Dari beberapa periode kepemimpinan di Desa Karangturi mengalami perkembangan yang cukup baik dari pembangunan fisik maupun non fisik itu sendiri.
Setelah mengetahui berbagai hal tentang desa Karangturi,selanjutnya kita akan membahas tentang asal usul nama desa Karangturi itu sendiri. Pada suatu hari dibagian barat desa itu terdapat  para perampok yang dipimpin oleh Ki Pathak Warak hendak mewujudkan  keinginannya untuk merampok wilayah desa ini, sekaligus ingin mencoba kesaktian dari Demang Suto.Demang Suto yaitu pemimpin di wilayah bagian timur. Ki Pathak Warak melancarkan aksinya untuk menyerang Demang Suto. Demang Suto berusaha sekuat tenaga untuk melawan dan membasmi gerombolan perampok yang sangat meresahkan desa masyarakat desa tersebut,dan akhirnya Demang Suto memenangkan peperangan ini. Pada saat itulah Ki Demang Suto memerintahkan kepada bawahannya untuk memberitahu masyarakat desa tersebut untuk menanami pekarangan mereka dengan pohon turi.Karena pada saat itu desa ini belum mempunyai nama,Demang Suto akhirnya memberi nama desa Karangturi.
Nama desa Karangturi itu sendiri adalah dari kata “Pekarangan”, yang artinya halaman. Kemudian “Turi” adalah sejenis pohon yang sekarang sudah jarang atau langka. Bahkan di Desa Karangturi itu sendiri sudah jarang di temukan lagi pohon turi. Jadi nama desa Karangturi itu sendiri adalah pekarangan yang ditumbuhi banyak pohon turi. Pohon Turi ini tumbuh sangat lebat bahkan sampai ke kebun-kebun para warga Desa Karangturi. Pohon Turi memiliki banyak sekali manfaat bahkan dari daun sampai akarnya memiliki manfaat yang sangat berguna bagi manusia dan hewan.
Demikian asal usul nama desa Karangturi. Semoga inforrmasi ini bermanfaat bagi para pembaca,dan juga menambah wawasan anda yang semakin luas.

Sumber: Wawancara dengan Bapak Eko Sutadi pada hari Sabtu, 29 Oktober 2016.
Anggraeni Dhina Kuswardani, XI IPS 1 16/17

Saat ini berprofesi jadi BTW, Kadang jadi BLOGGER, yang pasti jadi TEACHER dan semoga jadi WRITER;)