Thursday, March 24, 2016

Asal Nama Desa Karangbanjar

Kantor Kepala Desa Karangbanjar
Desa Karangbanjar termasuk di dalam Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah. Desa Karangbanjar terletak 9 km dari Pusat kota Purbalingga, dan juga Desa Karangbanjar berada di 2 km dari Kecamatan Bojongsari. Bersebelahan dengan Kecamatan Kutasari, Desa Beji, Desa Munjul, dan Desa Kajongan. Rata-rata mata pencaharian masyarakat Desa Karangbanjar adalah petani, berdagang dan buruh.
Desa Karangbanjar juga pernah memasuki beberapa stasiun televisi contohnya adalah Trans 7 pada program On The Spot dan terdapat di  dalam kategori Desa Terunik di Dunia, karena Desa Karangbanjar menggeluti pekerjaan yang hampir seluruh warga Desa Karangbanjar adalah pengrajin rambut, adapun rambut Palsu ini terbuat dari bahan sintetis  dan rambut asli manusia yang diambil dari pengumpul rambut dari salon. Hasil dari pengrajin rambut sudah sampai ke luar Jawa bahkan ke Luar Indonesia contohnya Nigeria, Swedia dan bahkan sampai negara-negara Eropa.
Selain warganya sebagai pengrajin rambut di Desa Karangbanjar, banyak juga pengrajin sapu di daerah Desa Karangbanjar dan ada juga yang membuat kemoceng dari rambut palsu yang didistribusikan ke luar Purbalingga atau sebagai cendramata dari Purbalingga apabila ada wisatawan yang berkunjung.
Tempat wisata yang berada di sekitar Desa Karangbanjar yang pertama adalah Bumi Perkemahan (BUPER) Munjuluhur yang berfungsi untuk tempat berkemah biasanya digunakan untuk kegiatan Pramuka, kedua adalah Owabong yang berfungsi sebagai tempat rekreasi air yang berisi kolam kolam dan waterboom serta kolam ombak terbesar di Jawa Tengah yang dibuka untuk umum dan harga tiket sekitar 18.000 sampai 25.000, ketiga adalah Sanggaluri Park yang berisi keanekaragaman hewan hewan reptil dan didalam sanggaluri terdapat museum uang yang isinya berbagai uang logam dan kertas dari berbagai dunia dan tiketnya masuknya termasuk terjangkau, terakhir adalah Tirto Asri, sama halnya dengan Owabong, isinya berbagai kolam renang yang dibuka oleh umum namun Tirto Asri versi kecilnya dari Owabong dan harga tiket masuknya pun sangat terjangkau.
Menurut dari beberapa sumber Asal usul nama Karangbanjar sendiri yaitu Karangbanjar terdiri dari 2 kata yaitu karang yang artinya tempat atau wadah dan banjar yang artinya air, Jadi, Karangbanjar diartikan sebagai tempat atau wadah sumber mata air contohnya di Munjuluhur. Ada juga yang berpendapat bahwa Desa Karangbanjar yang berarti karang adalah batu, dan banjar adalah air jadi arti Karangbanjar adalah tempat dimana ada batuan dan air yang melimpah.
Dan Desa karangbanjar juga diberikan tambahan nama yaitu Desa Wisata Karangbanjar. Nama Desa Wisata Karangbanjar diberikan karena di Desa Karangbanjar terdapat banyak Home indutry, memiliki gedung pertemuan sendiri, terdapat Bumi Perkemahan dan banyak juga home stay yang berada di sekitar Desa karangbanjar

Sumber rerefernsi:
Wawancara dengan Pak Seno pada hari Minggu tanggal 30 Agustus 2016 di Desa Bobotsari (dahulu bertempat tinggal di Desa karangbanjar) dan bu Atingah di pada hari sabtu tanggal 5 november 2016 di Desa karangbanjar kecamatan Bojongsari ( mantan Kepala desa periode 2006-2011).
https://coretanpetualang.wordpress.com/petualangan-budaya/desa-wisata/desa-wisata-jawa-tengah-desa-karangbanjar-purbalingga-the-fifth-of-six-papers/ yang dilihat pada tanggal 30 Agustus 2016.
Fira Fairima Fiorentina, XI IPS 2 SMANDA 16/17

Saat ini berprofesi jadi BTW, Kadang jadi BLOGGER, yang pasti jadi TEACHER dan semoga jadi WRITER;)