Sunday, October 22, 2017

Mencari Jejak dan Mengakhiri Persami || Hari Ke-76

Mencari Jejak

arifsae.com - Udara pagi Andami begiitu alami, latar belakang hutan dibelakang sudah terlihat. Menambah kesegaran udara segar yang masih bersih itu. Agenda harus berlanjut, terutama untuk mencari jejak, acara inti pada hari ni. Hari ini diawali dengan sholat Shubuh berjamaah, dan dilanjutkan dengan senam pagi. Senam dipimpin oleh Nana.

Saya harus pulang kerumah sebentar untuk mencari ATK yang digunakan sebagai hadiah perlombaan. Karena ada perlombaan dari masing-masing kategori. Ya tidak sungguh-sungguhlah, hanya untuk mengapresiasi usaha anak-anak. Hadiahnya pun sederhana, hanya keperluan sekolah saja.

Setelah selesai mengambil ATK kerumah, saya kembali ke Andami dan ternyata disana masih dilaksanakan senam pagi. Saya menunggu saja, biarkan instruktur senam memimpinnya. Selesai senam, sekitar jam 7 pagi, mereka siap-siap untuk melakukan pencarian jejak. Sarapan dan melengkapi perlengkapan selama penjelelajahan.
Persiapan Mencari Jejak
Penjelajahan dimulai sekitar jam 9 pagi, setelah semua dipastikan siap. Kelompok atau pos dibagi kedalam 4 bagian, sejarah, baris-berbaris, semapur dan games. Semuannya sudah diberikan tugas untuk menjaga bagian mereka masing-masing. Saya diberikan jatah untuk berada di pos 1, tentang sejarah.

Bagi mereka, pengalaman ini sangat langka. Makanya mereka sangat antusias melaksanakan persami ini. Meskipun harus disuruh untuk berendam air, pus up atau menyanyi, pasti akan menjadi kengnga tersendiri bagi mereka. Bagi para kakak-kakak pembina juga seru, kami berkomunikasi denga Tolki-Tolki jadi bisa saling bercanda ria.

Selesai menjaga pos, kami akhirnya berkumpul meenjadi satu untuk melanjutkan ke permainan terakhir sebelum beristirahat mandi dan melakukan upacara penutupan. Permainan pertama adalah tarik tambang, baik untuk laki-laki dan perempuan, kemudian dilanjukan meletuska balon berisi air dan terakhir menyangga air dalam piring. Semua terlewati dengan gembira.

Selesai mencari jejak dan permainan, dilanjutkan dengan bersih-bersih di Kali Andami, cocok untuk menghilangkan rasa lelah. Saya juga ikut mandi bersama anak-anak, dan ternyata benar, mereka sangat berkesan denga pengalaman mereka yang baru saja terlewati. Mereka bercerita panjang dan lebar.

Selesai mandi, kini siap-siiap untuk upacara penutupan yang akan dijadwalakan pada jam 1 siang. Sebelum mereka melakukan upacara penutupan terlebih dulu dilakukan latihan. Dan tepat jam 1 siang, semua sudah dilakukan. Upacara penutupan dilakukan dengan lancar. Dan tidak ada satu kekuranga apapun. Mereka satu persatu dijemput kembali pulang ke rumah mereka masing-masing. 
Penjemputan Peserta
Kami para panitia memastikan supaya semuanya berjalan lancar dan tidak kurang satu apapun. Setelah seleesai semua, kami mengakhiri denga makan-maka di kedai Terusan. Dan mengucap sukur bahwa acara persami ini berjalan lancar.[]


Lanjut Hari Ke-77 DISINI.

Saat ini berprofesi jadi BTW, Kadang jadi BLOGGER, yang pasti jadi TEACHER dan semoga jadi WRITER;)