Thursday, May 3, 2018

Disini Paket C, Disana Masak || Hari Ke-269

arifsae.com - Hari ini hari terakhir ujian, saya meringkas hari ujian mereka. Supaya lebih cepat selesai dan mengurus yang lain. Lagi-lagi masalah administrasi yang harus cepat-cepat diselesaikan. Pagi ini saya mencicil adminstrasi ujian, supaya lebih cepat selesai nanti.

Nanti akan ada Pakcik dari Terusan 1 yang akan melengkapi jawaban mereka di Lembar Jawaban. Saya sudah memberitahukan kepada mereka untuk datang lebih awal, karena administrasinya banyak dan harus lengkap. Mereka juga menyanggupi, ijin satu hari tidak kerja saya pikir sebanding dengan hasil yang nanti mereka dapatkan.
Menyelsaikan Administrasi
Jam 12 siang, Bu Aji datang. Dia mengajar dulu. Saya sangat terbantu, setidaknya masalah administrasi ujian ini. Ditambah tulisan Bu Aji lebih rapi, lebih memudahkan orang yang membacanya. Kalau tulisan saya mungkin bisa dibaca, tapi oleh saya saja.

Anak-anak datang jam 13.00. Mereka memulai ujian lebih awal, karena akan banyak soal yang mereka hadapi. Saya hanya menyemangati mereka, karena ini untuk masa depan mereka juga. Untuk Pakcik yang akan ujian Paket C baru datang saat jam 15.00. Saya memaklumi, karena mereka hanya akan menyempurnakan dan mengisi lembar jawab saja.
Ujian Mereka
Anak-anak SMP yang lain sebenranya tetap datang. Mungkin karena terlalu banyak libur, jadi mereka bosan di rumah. Saya tugaskan untuk memasak Konto-Konto. Mereka sepertinya sangat antusias. Hanya bermodalkan uang, saya suruh mereka untuk meracik Konto-Konto yang nikmat.

Apalagi ini ujian terakhir, sekalian makan-makan. Sambil ujian, mereka memesakan. Kadang ketika menyelesaikan administrasi, mereka mengirimkan hasil masakan mereka. Nikmatnya. Rasa penat dan letih terobati ketika dihadapkan dengan Konto-Konto. Sedikit mengobati rasa lapar.
Makan Konto-Konto Bersama
Proses pengisian Pakcik-Pakcik membutuhkan waktu yang lama. Harus pelan-pelan, katanya, mereka lupa terakhir kali memegang pulpen. Jadi benar-benar harus sabar. Anak-anak yang ujian Paket A tidak menemui masalah. Sedangkan yang ujian Paket C hanya menemui sedikit kendala. Tapi tidak jadi masalah besar, hanya butuh waktu lama saja.

Jam 18.00 baru selesai semua. Di saat gelap sudah hinggap. Saya dan Bu Aji pulag ke rumah, menikmati Konto-Konto lagi bersama-sama mereka. Apalagi kalau mereka datang, biasanya isi rumah langsung disulap menjadi rapi. Termasuk dapur, menjadi bersih semua. Itulah gunanya mereka, meski kadang mereka teriak-teriak yang akan menggangu tetangga. Tapi tidak masalah, yang penting kerjaan selesai. Beban berkurang, kalau selesai, besok saya mau ke Bandar Sandakan.[]
Lanjut Hari Ke-270 DISINI.