Wednesday, December 16, 2020

Asal Usul Nama Desa Pekalongan

Pekalongan (dokpri)

arifsae.com - Desa Pekalongan merupakan salah satu nama desa yang ada di Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah. Di Desa Pekalongan terdapat tiga Sekolah Dasar yaitu SDN 1 Pekalongan yang berposisi di depan kantor balai desa, SDN 2 Pekalongan, dan SDN 3 Pekalongan. 


Untuk Sekolah Menengah Pertama masih berada cukup jauh dari Desa Pekalongan, harus menaiki sepeda motor atau bersepeda menuju kesana. Sekolah Menengah Umum belum ada yang berdiri. Harus menuju ke Desa Kutasari atau ke Kecamatan Bojongsari. Desa Pekalongan terdapat beberapa dusun yaitu, Dusun Krajan, Dusun Keseran, dan Dusun yang lain.


Mayoritas pekerjaan warga disana adalah berdagang, nderes (air dari tumbuhan kelapa) dan bekerja di kantor rambut sebagai pembuat wig atau bulu mata palsu. Nama Kepala Desa Pekalongan yang menjabaat sekarang (2016) adalah Bapak Sumbono. Mengenai asal usul nama dari Desa Pekalongan ada cerita dari masyarakat sekitar. 


Nama Pekalongan itu sendiri dari perjalanan cerita Mbah Sanropingi. Beliau salalu menaiki kuda kesayangannya, kemana ia pergi selalu bersama kudanya. Mbah Sanropingi adalah kakek yang sangat di hormati disana. Karena dihormati, ia menjadi Kepala Desa pertama di sana.


Di Desa itu terdapat kedung atau sungai untuk memenuhi kebutuhan hidup, lalu Mbah Sanroping menemukan gua dibawah anak sungai tersebut. Di Dalam gua terdapat banyak sekali kalong atau kelelawar dan ular besar yang hidup di dalam gua tersebut. Mbah Sanropingi melawan ular besar itu, setelah bertarung cukup sengit akhirnya ular besar itu bisa dikalahkan hingga mati.


Kalong menjadi awal nama Pekalongan. Sebenarnya sesepuh Desa Pekalongan menyebut nama desa tersebut Kalongan, tetapi disempurnakan dengan lidah masyarakat setempat menjadi Desa Pekalongan. Karena desa itu belum diberi nama, akhirnya Mbah Sanropingilah yang member nama Kalongan itu. 


Hingga saat ini Makam Mbah Sanropingi masih menjadi makam keramat dan sering dijadikan tempat untuk bertapa atau meminta indang, saat ini makam Mbah Sanropingi berada di dusun 1 Desa Pekalongan.

 

Sumber Referensi:

Wawancara dari Buyut Mbah Sanropingi pada tanggal 29 Oktober 2016.

Penulis Diyanita Salsabilla S.

UNTUK MEMBELI BUKU ASAL USUL 80 NAMA DESA PURBALINGGA DISINI