Wednesday, January 6, 2021

HOS Cokroaminoto, Riwayat Singkat #PahlawanNasional6

 

HOS Cokroaminoto
(sumber gambar: direktoratk2krs.kemsos)

Data Tokoh :


Berasal dari Jawa Timur

Lahir 16 Agustus 1882 di Desa Bukur Madiun,Jawa Timur

Meninggal 17 Desember 1934 di Yogyakarta, Indonesia

Meninggal di usia 52 tahun

Di makamkan Cikutra, Bandung

No Sk 590  Tahun  1961

Tgl Sk 09 November 1961


Riwayat Singkat :


Guru para pemimpin-pemimpin besar di Indonesia. Seorang pengacara pembela anggota SI yang dituduh. Pelopor pergerakan di Indonesia. Sosok pemikir dan pemimpin organisasi SI (Sarekat Islam).


Tjokroaminoto dapat menghimpun dan memberikan pengaruh bagi rakyat seantero Jawa dan luar Jawa yang membuat Pemerintah Kolonial Hindia Belanda khawatir karena pengaruhnya begitu besar dalam masyarakat.


Selain sibuk memimpin SI, Cokroaminoto juga aktif menulis di berbagai majalah dan surat kabar. Demi kepentingan SI, ia mendirikan N.V. Setia yang menerbitkan harian Utusan Hindia yang langsung dipimpinnya sendiri. Tulisan-tulisannya dalam harian itu sangat tajam dalam mengecam pemerintah kolonial.


Tjokroaminoto memperjuangkan terbentuknya Dewan Perwakilan Rakyat yang sebenarnya, dengan anggota-anggotanya terdiri dari orang- orang yang dipilih oleh rakyat.


Konsep pemikiran “Sosialisme dan Islam” Tjokroaminoto memang menjadi daya tarik tersendiri untuk dipelajari, bahkan hingga kini pemikiran dan sumbangsihnya tak lekang oleh zaman.


Sumber Artikel: direktoratk2krs.kemsos