Thursday, June 1, 2017

LAPORAN PELAKSANAAN BANTUAN PEMERINTAH KEPADA MGMP SMA/SMK TAHUN 2017

ANGGOTA MGMP SEJARAH KAB PURBALINGGA
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mengamanatkan guru untuk memiliki: (1) kualifikasi akademik minimum S1/D-IV; (2) kompetensi sebagai agen pembelajaran yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional; dan (3) sertifikat pendidik. Agar guru dapat memiliki kompetensi sebagai agen pembelajaran sebagaimana yang diamanatkan pada undang-undang tersebut di atas, guru harus senantiasa meningkatkan profesionalismenya secara terus menerus melalui berbagai upaya antara lain melalui peningkatan karir bagi guru melalui kegiatan KKG/MGMP/MKKS.
Dengan terbentuknya KKG/MGMP/MKKS, diharapkan dapat meningkatkan kinerja KKG/MGMP/MKKS melalui koordinasi dan jejaring antar kelompok kerja dan musyawarah kerja. Forum-forum tersebut dibentuk pada tingkat kabupaten/ kota/ provinsi sebagai wadah koordinasi dan sinkronisasi program kerja antar KKG/MGMP/MKKS. Oleh karena itu, dengan semangat untuk meningkatkan kinerja, maka di Kabupaten Purbalingga berdiri sebuah wadah musyawarah guru, yaitu MGMP Sejarah.
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengembangkan program-program prioritas. Salah satu program prioritas yang dikembangkan adalah peningkatan mutu pendidikan pada  pendidikan dasar dan menengah. Program ini terkait dengan usaha memantapkan struktur pengembangan mutu guru pada tingkat lokal. Salah satu kegiatannya adalah pemberdayaan MGMP, bagi guru-guru pendidikan menengah. Dalam upaya pemberdayaan MGMP tersebut,  Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, menyediakan bantuan pemerintah yang akan diberikan kepada MGMP.
Pada awal tahun 2017, MGMP sejarah menajukan proposal bantuan kepada Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah. Dengan proses yang panjangl, akhirnya MGMP Sejarah mendapatkan dana bantuan untuk pertama kalinnya. Hal ini dimaksudkan untuk menjadikan MGMP Sejarah menjadi lebih meningkatkan segala aspek untuk kepentingan dunia pendidikan, sehingga dalam segi organisasi akan lebih mantap.
Pemantapan MGMP Sejarah melalui pemanfaatan bantuan dana secara tepat dan terprogram akan menjadikan MGMP Sejarah sebagai wadah yang tepat bagi peningkatan mutu dan profesionalisme guru sejarah di Kabupaten Purbalingga. Kegiatan MGMP Sejarah dapat diharapkan memberikan kontribusi dalam peningkatan kompetensi guru khususnya dalam hal penyusunan soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan penguatan pendidikan karakter (PPK). Di samping itu, kegiatan-kegiatan MGMP Sejarah juga dapat membantu guru dalam perolehan angka kredit untuk kenaikan pangkat. Melalui MGMP, guru sejarah akan dilatih membuat soal USBN dengan baik dan berkolaborasi dengan instruktur-instruktur yang akan membantu dalam segala proses kegiatan.

C.    Tujuan Program
Tujuan pemberian bantuan pemerintah ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru melalui kegiatan MGMP dalam penyusunan soal, penguatan pendidikan karakter, dan  pengembangan karier. Melalui progran ini diharapkan dapat:
1.      meningkatkan kompetensi guru baik kompetensi pedagogik maupun profesional melalui pemberdayaan MGMP;
2.      meningkatkan performa guru sebagai pendidik dan pemimpin bagi peserta didiknya, menjadi contoh tentang ketangguhan, optimisme dan keceriaan bagi peserta didiknya, dan memiliki kemauan untuk terus belajar mengembangkan potensi dirinya;
3.      mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan menulis soal dan perangkatnya untuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN);
4.      dapat memperkuat pendidikan karakter yang akan diterapkan kepada peserta didik;
5.      mampu melaksanakan tugas-tugas lain dalam rangka pengembangan karier;
6.      memberi kesempatan untuk berbagi pengalaman;
7.      memberdayakan dan membantu guru dalam melaksanakan penilaian hasil belajar melalui Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

D.    Sasaran
Sasaran peserta program penyusunan soal USBN dan penguatan pendidikan karakter guru pendidikan menengah melaui MGMP Sejarah,  Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah sebanyak 30 guru sejarah, yang merupakan guru-guru sejarah dari berbagai penjuru sekolah di Kabupaten Purbalingga baik negeri maupun swasta.

E.     Hasil Yang Diharapkan
Hasil yang yang diharapkan dari kegiatan yang didanai dari Bantuan Pemerintah kepada MGMP Sejarah Tahun 2017 ini, adalah:
1.      Tersusunnya soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sebanyak 3 paket, yang tersusun dari satu soal paket utama, satu soal paket susulan, dan satu paket soal cadangan.
2.      Terimplementasikannya aspek-aspek dan komponen Penguatan Pendidikan Karakter dalam pembelajaran, pembudayan di sekolah, dan di lingkungan masyarakat dari masing-masing peserta;
3.      Tercapainya peningkatan karier bagi setiap peserta sesuai dengan kebutuhan.

F.     Manfaat
Berikut adalah manfaat  yang diharapkan dicapai melalui implementasi program bantuan pemerintah kepada MGMP Tahun 2017 di MGMP Sejarah, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah.
1.   Bagi Peserta
a.    Dapat mengembangkan instrumen penilaian dengan baik pada topik-topik yang lain dalam pembelajaran di sekolah
b.    Dapat mereview instrumen penilaian yang telah dikembangkan sebelumnya
c.    Dapat mengimplementasikan PPK dalam pembelajaran, pembudayan di sekolah, dan di lingkungan masyarakat.
2.   Bagi MGMP
a.    Tersedianya program peningkatan kompetensi bagi guru anggotanya;
b.    Menghidupkan kegiatan MGMP dalam pengembangan  kompetensi bagi guru anggotanya.

3.   Bagi Dinas Pendidikan Kota
a.       Tersedianya guru-guru yang terampil dalam menyusun soal USBN SMA khususnya mata pelajaran sejarah.
b.      Tersedianya bank soal yang dapat digunakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dalam melaksanakan USBN SMA mata pelajaran sejarah.
c.       Terfasilitasinya guru-guru yang dapat menjadi model PPK di dalam pembelajaran, pembudayan di sekolah, dan di lingkungan masyarakat.


BAB II
PELAKSANAAN PROGRAM

A.    Program Kegiatan
1.      Bentuk dan Pola Kegiatan
Berikut ini bentuk dan pola kegiatan yang dilakukan dalam pelaksanaan program Bantuan Pemerintah kepada MGMP Tahun 2017 di MGMP Sejarah Kabutapen Purbalingga Provinsi Jawa Tengah.
a.       Bentuk
Bantuan Pemerintah kepada MGMP Tahun 2017 dilaksanakan di MGMP Sejarah, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa berupa pelatihan dan bimbinganteknis pembuatan soal mata pelajaran sejarah yang masuk dalam kategori USBN dan penerapan nilai- nilai karakter sebagai budaya sekolah. Penyelenggaraan tatap muka dilaksanakan sebanyak 13 kali pertemuan. Tatap muka dilakukan dengan berbagai pendekatan dan metode diantaranya ceramah, tanya jawab, diskusi, curah pendapat (brainstorming), bermain peran (role playing), kerja kelompok, simulasi, peragaan, eksperimen, studi dokumen, presentasi, praktek dan metode lain yang relevan.
b.      Pola
Program penyusunan USBN, PPK dan peningkatan karier guru pendidikan menengah, mengikuti pola 92 jam pelajaran (JP) @ 45 menit, yang dilakukan selama 13 kali  pertemuan. Adapun topik pembelajaran terdiri atas (1) Topik penyusunan soal USBN SMA dilaksanakan selama 60 JP; (2) PPK selama 16 JP, dan (3) materi umum dan penunjang lainnya selama 16 JP. Skenario pelaksanaan dilakukan secara fleksibel,yang disesuaikan dengan topik dan metode yang dipilih.

2.      Struktur Program
Struktur program yang terdiri dari tiga komponen program yaitu: a) Penyusunan Soal; b) Materi PPK; dan c) Materi Umum dan Penunjang Lainnya.
Struktur Program Bantuan Pemerintah kepada MGMP Sejarah
Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah

1.      Penyusunan soal USBN SMA
No
MATERI
JP
  1.          
Praktik Analisis Kompetensi Dasar
5
  2.          
Praktik Penyusunan Indikator Soal
2
  3.          
Praktik Penyusunan Kisi-Kisi
5
  4.          
Praktik Penyusunan Butir Soal Pilihan Ganda (HOTS = 10 % dan LOTS = 90 %)
18
  5.          
Praktik Penyusunan Butir Soal Uraian
2
  6.          
Praktik Telaah Butir Soal
4
  7.          
Praktik Perbaikan Soal berdasarkan Hasil Telaah dan Finalisasi
8
  8.          
Praktik Penyusunan Kunci Jawaban untuk Soal Pilihan Ganda
4
  9.          
Praktik Penyusunan Pedoman Penskoran untuk  Soal Uraian
8
10.        
Praktik Penyusunan Pedoman Penilaian
2
11.        
Praktik Penyusunan Format Lembar Jawaban
2

JUMLAH
60

2.      Struktur Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
No
MATERI
JP
  1.          
Kebijakan dan Konsep Dasar PPK
2
  2.          
PPK berbasis kelas
6
  3.          
PPK berbasis budaya sekolah
2
  4.          
PPK berbasis masyarakat
2
  5.          
Penilaian dan Evaluasi PPK
2
  6.          
Desain rencana tindak lanjut
2

JUMLAH
16

3.      Materi Umum dan Penunjang Lain
No
MATERI
JP
  1.          
Kebijakan Profesionalise Guru dan Tenaga Kependidikan
2
  2.          
Perkembangan Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru
6
  3.          
Perkembangan Pelaksanaan Pengembangan Karir Guru
6
  4.          
Rencana Tindak Lanjut
2

JUMLAH
16

B.     Deskripsi Program di MGMP
1.      Penyusunan USBN SMA
Penyusunan soal diawali dengan pembekalan tentang kaidah penyusulan soal dan dilanjutkan dengan praktik analisis Kompetensi Dasar, praktik penyusunan indikator soal, praktik penyusunan kisi-kisi, praktik penyusunan butir soal pilihan ganda, praktik penyusunan butir soal uraian, praktik telaah butir soal, praktik perbaikan soal berdasarkan hasil telaah dan finalisasi, praktik penyusunan kunci jawaban untuk soal pilihan ganda, praktik penyusunan pedoman penilaian, dan praktik penyusunan format lembar Jawaban.
2.      Materi PPK
Pembelajaran materi PPK dilakukan melalui diskusi tentang konsep dasar PPK serta cara-cara pengembangannya melalui pemelajaran di kelas, pembudayaan di sekolah, dan pembudayaan di lingkungan masyarakat, serta cara mengevaluasinya. Selanjutnya dilakukan praktik penyusunan rencana tindak lanjut implementasi PPK.
3.      Materi Umum dan Penunjang Lainnya
Pembelajaran materi ini dilakukan melalui diskusi tentang kebijakan profesionalise Guru dan Tenaga Kependidikan, perkembangan pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru, perkembangan pelaksanaan Pengembangan Karir Guru, serta praktk menyusun rencana tindak lanjut tentang hal-hal tersebut.

C.    Pendekatan dan Metode
Pendekatan dan metode yang akan digunakan dalam pelaksanaan penyusunan soal USBN, PPK dan kegiatan penunjang disesuikan dengan kebutuhan setiap kegiatan dengan mengikuti prinsip-prinsip pembelajaran orang dewasa.

D.    Indikator Keberhasilan
Indikator Keberhasilan dari pelaksanaan kegiatan di MGMP adalah sebagai berikut:
1.    Penysunan Paket Soal USBN
a.         Paket soal tersusun sesuai dengan kisi-kisi yang telah ditetapkan.
b.         Jumlah paket soal sesuai dengan yang telah ditetapkan.
c.         Butir soal pada semua paket teruji valid melalui tahapan telaah dan revisi setelah proses penyusunan soal.
d.        Paket soal final yang siap untuk dirakit dan digandakan.
e.         Paket soal dilengkapi dengan petunjuk pengisian yang jelas dan mudah dipahami.
2.         Penyusunan kunci jawaban dan pedoman penskoran untuk butir soal uraian untuk semua paket soal.
a.       Kunci jawaban untuk semua butir soal pilihan ganda tidak ada kesalahan
b.      Pedoman penskoran untuk semua butir soal uraian memuat kata kunci jawaban.
3.         Tersedianya format lembar jawaban siswa untuk USBN.
c.       Format lembar jawaban sesuai dengan bentuk dan jumlah butir soal.
d.      Format lembar jawaban didesain dengan memperhatikan kemudahan dalam pengisian.
e.       Format lembar jawaban dilengkapi dengan kolom identitas peserta didik.
4.         Tersusunnya pedoman penilaian USBN
f.       Pedoman penilaian tersedia untuk masing-masing mata pelajaran.
g.      Pedoman penilaian dilengkapi dengan bobot untuk soal pilihan ganda dan uraian.
5.    Terlaksananya sosialisasi Penguatan Pendidikan Karakter bagi guru dan kepala sekolah dalam rangka memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir dan olah raga dengan dukungan pelibatan publik dan kerjasama antara sekolah, keluarga dan masyarakat yang merupakan bagian dari gerakan nasional revolusi mental.
6.     Terlaksananya tugas-tugas lain guru dan kepala sekolah yang lebih berkualitas dalam rangka pengembangan karir.

E.     Tempat, Waktu, dan Pelaksana Kegiatan
1.      Tempat dan Waktu
Program bantuan peningkatan keterampilan guru dalam membuat soal USBN serta pemahaman PPK guru pendidikan menengah melalui MGMP Sejarah, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah, dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2017 sampai dengan 8 Juni 2017 yang bertempat di  SMA Negeri 1 Purbalingga.
2.      Pengarah
Pengarah pada kegiatan penyusunan soal USBN, PPK dan peningkatan karier yang didanai daribantuan pemerintah kepada MGMP Tahun 2017 di SMA Negeri 1 Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah, dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2017 sampai dengan 8 Juni 2017.
3.      Narasumber
Narasumber/Instruktur dalam Kegiatan Diklat Peningkatan Kemampuan Penulisan Soal Dan Pendidikan Karakter Dalam Pengembangan Karir Guru Pendidikan Menengah Di Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah SMA Kabupaten Purbalingga Tahun 2017 sebagai berikut:
Narasumber Penyusunan Soal US/USBN, PPK dan Peningkatan Karier
1.
Narasumber Daerah untuk materi Kebijkan Profesionlisme Guru dan Tenaga Kependidikan
:
Kepala Dinas Pendidikan Kab. Purbalingga
2.
Narasumber Penyusunan Soal USBN, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan RTL
:
1.      Dra. Erlina S. Martiningrum, M.Pd. (Fasilitator Nasional)
2.      Dra. Naniek Indriyati, M.M (Pengawas SMA)
3.      Arifin, S.Pd, (Fasilitator MGMP)
4.      Topan Dwiono P., S.Pd. (Instruktur Nasional)
3.
Narasumber untuk materi Perkembangan Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru dan Perkembangan Pelaksanaan Pengembangan Karir Guru
:
Drs. Pramulartono (Tim Penilai PAK Kabupaten)

4.      Peserta
Berikut ini adalah nama-nama peserta dalam kegiatan pengembangan soal USBN dan PPK adalah:
NO
NAMA
ASAL INSTANSI
1
Arifin, S.Pd.
SMA Negeri 1 Kejobong
2
Amin Sucipto, S.Pd.
SMA Muhammadiyah 4 Purbalingga
3
Arfan Hudaeby Akbar, S.Pd.
SMA Negeri 2 Purbalingga
4
Ari Widayanti, S.Sos.
SMA St Agustinus Purbalingga
5
Arif Saefudin, S.Pd.
SMA Negeri 2 Purbalingga
6
Arifin Budiyanto, S.Pd.
SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga
7
Bambang Hariyanto, S.Pd.
SMA Negeri 1 Bukateja
8
Bram Hardi Saputra, S.Pd.
SMA Muhammadiyah 4 Purbalingga
9
Dra. Gesti Waluyanti
SMA Negeri 1 Padamara
10
Dra. Mubayinah
SMA Ma'arif Karangmoncol
11
Dwi Nur Raeni, S.Pd.
SMA Negeri 1 Bobotsari
12
Elie Setijawati, S.Pd.
SMA Negeri 1 Rembang
13
Endah Nur Hidayati, S.Pd.
SMA Negeri 1 Rembang
14
Ermi Misgiyati, S.Pd.
SMA Negeri 1 Bukateja
15
Jarwanto, S.Pd.
SMA Negeri 1 Kejobong
16
Muji Astuti, S.Pd.
SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga
17
Nanik Yulianti, S.Pd.
SMA Negeri 1 Kutasari
18
Purwito, S.Pd.
SMA Negeri 1 Rembang
19
Ranggi  Permana, S.Pd.
SMA Ma'arif Karanganyar
20
Retno Asih W, S.Pd.
SMA Negeri 1 Purbalingga
21
Retno Nurfaizah, S.Pd.
SMA Negeri 1 Bukateja
22
Retno Wardoyo, S.Pd.
SMA Negeri 1 Bobotsari
23
Rusmiyati, S.Pd.
SMA Negeri 1 Karangreja
24
Saefuloh Al-Masnun, S.Pd.
SMA Negeri 1 Karangreja
25
Suprasto, S.Pd.
SMA Negeri 2 Purbalingga
26
Supriyono, S.Pd.
SMA Negeri 1 Bukateja
27
Teguh Hidayat, S.Pd.
SMA Negeri 1 Padamara
28
Topan Dwiono Purbaya, S.Pd.
SMA Negeri 1 Kutasari
29
Umu Hanifah, S.Pd.
SMA Negeri 2 Purbalingga
30
Untung Sugiato, S.Pd.
SMA Negeri 1 Kemangkon

5.      Panitia
Berikut ini adalah panitia pelaksana program pengembangan soal USBN dan PPK adalah :
NO
NAMA
JABATAN
UNIT KERJA
1
Suprasto, S.Pd.
Ketua
SMA Negeri 2 Purbalingga
2
Arif Saefudin, S.Pd.
Sekertaris
SMA Negeri 2 Purbalingga
3
Umu Hanifah, S.Pd.
Bendahara
SMA Negeri 2 Purbalingga
4
Jarwanto, S.Pd.
Anggota
SMA Negeri 1 Kejobong

6.      Jadwal Kegiatan
Program bantuan pengembangan soal USBN dan PPK MGMP Sejarah, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan dengan menggunakan jadwal sebagai berikut:
Pertemuan : I

Hari/Tanggal : Selasa, 7 Maret 2017

Jam
Waktu
Kegiatan
Fasilitator
Jml jam
 07.30 –  08.00
Registrasi peserta
Panitia

1.
08.00 – 09.30
Kebijakan Umum Dinas Pendidkan Prov. Jateng.
Kasi SMA-SLB BP2MK wil V
2 jam
2.
09.30 – 10.15
Kebijkan Profesionlisme Guru dan Tenaga Kependidikan
Kepala Dinas Pendidikan Kab. Purbalingga
1 jam
10.15 – 10.30
Istirahat/ Kudapan
Panitia

3.
10.30 – 11.15
Diskusi kelompok Menganalisis Silabus, KI, KD kelas X, XI, XII
IN
1 jam
4.
11.15 – 12.00
Diskusi kelompok Menganalisis Silabus, KI, KD kelas X, XI, XII
IN
1jam
12.00 – 12.45
ISHOMA
Panitia

5.
12.45 – 13.30
Diskusi kelompok Menganalisis Silabus, KI, KD kelas X, XI, XII
IN
1 jam
6.
13.30 – 14.15
Diskusi kelompok Menganalisis Silabus, KI, KD kelas X, XI, XII
IN
1 jam
7.
14. 15 – 15.00
Diskusi kelompok Menganalisis Silabus, KI, KD kelas X, XI, XII
IN
1 jam
8
15.00 – 15.45
Diskusi kelompok Menganalisis Silabus, KI, KD kelas X, XI, XII
IN
1 jam

Pertemuan : II

Hari/Tanggal : Rabu, 8 Maret 2017

Jam
Waktu
Kegiatan
Fasilitator
Jml jam
07.30 - 08.00
Registrasi peserta
Panitia

1.
08.00 – 08.45
Diskusi kelompok penyusunan indikator soal untuk kelas X, XI, XII
IN
1 jam
2.
08.45 –09.30
Diskusi kelompok penyusunan indikator soal untuk kelas X, XI, XII
IN
1 jam
3.
09.30 – 10.15
Diskusi kelompok Praktek Penyusunan Kisi-kisi
IN
1 jam
10.15 – 10.30
Istirahat/ Kudapan
Panitia

4.
10.30 – 11.15
Diskusi kelompok Praktek Penyusunan Kisi-kisi
IN
1 jam
5.
11.15 – 12.00
Diskusi kelompok Praktek Penyusunan Kisi-kisi
IN
1 jam
12.00 – 12.45
ISHOMA
Panitia

6.
12.45 – 13.30
Diskusi kelompok Praktek Penyusunan Kisi-kisi
IN
1 jam
7.
13.30 – 14.15
Diskusi kelompok Praktek Penyusunan Kisi-kisi
IN
1 jam
8.
14.15 – 15.00
Penyusunan butir soal pilihan ganda untuk kelas X ( Hots =10 % dan Lots = 90 % )
IN
1 jam
9
15.00 – 15.45
Penyusunan butir soal pilihan ganda untuk kelas X ( Hots =10 % dan Lots = 90 % )
IN
1 jam


Pertemuan : III

Hari / Tanggal : Kamis, 9 Maret 2017

Jam
Waktu
Kegiatan
Fasilitator
Jml jam
07.30 - 08.00
Registrasi peserta
Panitia

1.
08.00 – 08.45
Penyusunan butir soal pilihan ganda untuk kelas X ( Hots =10 % dan Lots = 90 % )
Narasumber
1 jam
2.
08.45 –09.30
Penyusunan butir soal pilihan ganda untuk kelas X ( Hots =10 % dan Lots = 90 % )
Narasumber
1 jam
3.
09.30 – 10.15
Penyusunan butir soal pilihan ganda untuk kelas XI ( Hots =10 % dan Lots = 90 % )
Narasumber
1 jam
10.15 – 10.30
Istirahat/ Kudapan
Panitia

4.
10.30 – 11.15
Penyusunan butir soal pilihan ganda untuk kelas XI ( Hots =10 % dan Lots = 90 % )
Narasumber
1 jam
5.
11.15 – 12.00
Penyusunan butir soal pilihan ganda untuk kelas XI ( Hots =10 % dan Lots = 90 % )
Narasumber
1 jam
12.00 – 12.45
ISHOMA
Panitia

6.
12.45 – 13.30
Penyusunan butir soal pilihan ganda untuk kelas XI ( Hots =10 % dan Lots = 90 % )
Narasumber
1 jam
7.
13.30 – 14.15
Penyusunan butir soal pilihan ganda untuk kelas XII ( Hots =10 % dan Lots = 90 % )
Narasumber
1 jam
8.
14.15 – 15.00
Penyusunan butir soal pilihan ganda untuk kelas XII ( Hots =10 % dan Lots = 90 % )
Narasumber
1 jam
9
15.00 – 15.45
Penyusunan butir soal pilihan ganda untuk kelas XII ( Hots =10 % dan Lots = 90 % )
IN
1 jam

Pertemuan : IV

Hari / Tanggal : Jumat, 10 Maret 2017

Jam
Waktu
Kegiatan
Fasilitator
Jml jam
07.30 - 08.00
Registrasi peserta
Panitia

1.
08.00 – 08.45
Penyusunan butir soal pilihan ganda untuk kelas XII ( Hots =10 % dan Lots = 90 % )
Narasumber
1 jam
2.
08.45 –09.30
Penyusunan butir soal pilihan ganda untuk kelas XII ( Hots =10 % dan Lots = 90 % )
Narasumber
1 jam
3.
09.30 – 10.15
Penyusunan butir soal pilihan ganda untuk kelas XII ( Hots =10 % dan Lots = 90 % )
Narasumber
1 jam
10.15 – 10.30
Istirahat/ Kudapan
Panitia

4.
10.30 – 11.30
Penyusunan butir soal pilihan ganda untuk kelas XII ( Hots =10 % dan Lots = 90 % )
Narasumber
1 jam
11.30 – 12.45
ISHOMA
Panitia

5.
12.45 – 13.30
Praktek penyusunan Butir Soal Uraian
Narasumber
1 jam
6.
13.30 – 14.15
Praktek penyusunan Butir Soal Uraian
Narasumber
1 jam
7.
14.15 – 15.00
Praktek penyusunan Butir Soal Uraian
Narasumber
1 jam
8
15.00 – 15.45
Praktek penyusunan Butir Soal Uraian
Narasumber
1 jam

F.     Laporan Keuangan
Laporan keuangan ini disusun sebagai pertanggungjawaban atas penggunaan dana  bantuan pemerintah kepada MGMP Tahun 2017 dari Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Tahun Anggaran 2017 untuk mendukung keterlaksanaan penyusunan Ujian Sekolah dan USBN Tahun 2017 di seluruh wilayah Negar Kesatuan Republik Indonesia.

BAB III
HASIL KEGIATAN

A.    Hasil Yang Telah dicapai
Hasil yang telah dicapai dalam pemberian bantuan pemerintah melalui MGMP Sejarah, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah, yaitu tersusunnya soal untuk USBN sebanyak  3 paket, yaitu satu paket soal utama, susulan dan cadangan pada satuan pendidikan SMA dan adanya 30 guru anggota MGMP Sejarah, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah yang memiliki keterampilan dalam penyusunan soal dengan baik. Peserta juga mengetahui aspek-aspek dan komponen PPK yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran, pembudayaan di sekolah, dan di lingkungan masyarakat. Produk paket soal terlampir.

BAB IV
PENUTUP

A.    Simpulan
Kesimpulan yang bisa diambil dari penjabaran dalam pemberian bantuan pemerintah melalui MGMP Sejarah sebagai berikut:
1.      Program bantuan pemerintah melalui MGMP Sejarah, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penyusunan soal, penguatan pendidikan karakter dan tugas-tugas lain guru.
2.      Hasil yang dicapai terdiri atas (1) tersusunnya 3 paket soal yang akan digunakan dalam USBN untuk Sekolah Menengah Atas, (2) meningkatnya ketrampilan guru dalam penyusunan soal (3) guru mengetahui aspek-aspek dan komponen PPK yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran, pembudayaan di sekolah, dan di lingkungan masyarakat.

B.     Rekomendasi
Berikut adalah rekomendasi untuk penyempurnaan dan pengembangan program bagi para pihak terkait yang berkenaan dengan bantuan pemerintah:
1.      Bagi Peserta
a.       Pelaksanaan harus lebih serius dan terarah;
b.      Dapat meluangkan waktu lebih untuk belajar kembali;
c.       Tidak mudah putus asa untuk tetap belajar;
d.      Sering sharing dengan sesama anggota MGMP.
2.      Bagian Satuan Pendidikan
a.       Harus memberikan dukungan yang lebih baik kepada para guru yang akan mengikuti pelatihan;
b.      Memberikan masukan dan dukungan sarana dan prasarana untuk para guru yang sedang mengikuti bimbingan teknis.
3.      Bagi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
a.       Pihak dinas memfasilitasi dan mengkoordinasikan dengan pihak terkait;

b.      Memberikan dukungan yang lebih baik lagi.

Bagi yang membutuhkan format Word silahkan menghubungi admin dan apabila berkenan menyiapkan 50.000,-

Saat ini berprofesi jadi BTW, Kadang jadi BLOGGER, yang pasti jadi TEACHER dan semoga jadi WRITER;)