Thursday, September 7, 2017

Gajih Raya, Pasar Dadakan di Malaysia || Hari Ke-31

arifsae.com - Akhirnya tanggal 7 datang juga, tanggal yang dinanti-nanti setiap orang di Terusan 2. Hari ini dinanti karena memang hari ini merupakan hari bagi mereka menikmati hasil jerih payah selama satu bulan lamanya. Iya, mereka akan mendapatkan gajih.
Ke Pekan, Tamu, atau Raya
Disini, hari gaji merupakan hari "raya" karena akan ada banyak penjual dari berbagai daerah kumpul di Terusan 2 mengadakan "pekan, atau tamu" untuk menggelar dagangan mereka seperti hari raya. Dan kalau hari gajih, mau disuruh apapun mereka untuk berangkat sekolah tak akan ada yang datang. Tak ada.

Hari ini juga bisa dikatakan sebagai hari libur lokal, karena memang tidak ada yang bekerja. Yang ada hanya belanja dan menikmati hasil kerja selama satu bulan lamanya. Disepanjang jalan Terusan 2, akan berjejer banyak penjual dari makanan, pakaian, perabotan dan lainnya.

Saya hari ini akan mencoba melihat pekan. Tapi memang tidak ada yang memberitahu kalau pekan ini berlangsung dari pagi hingga malam tiba. Saya tahunya pekan ini akan dimulai sore. Jadi saya santai saja menunggu hingga sore hari.

Setelah maghrib, saya diminta untuk menemani Pak Bintang mengadakan rapat dengan orang tua. Saya iyakan, tapi dengan berat hati. Kenapa? wong hari ini akan ada pekan kenapa harus mengadakan rapat pada tanggal 7?

Tapi biarlah. Saya tetap mengantar untuk menuju ke Andamy. Sesampainya di sekolah Andamy, keadaan lingkungan sekolah masih gelap, padahal janjian pertemuan dimulai habis solat Magrib, sekitar 18.40. Tapi kondisi yang masih gelap mengharuskan saya menejemput Bu Aji. Selesai mengantar, saya pulang. Bu Aji saja sore tadi sudah mengunjungi pekan, masa saya belum. Biarlah mereka berdua rapat, saya mengobati penasaran ke Pekan bersama Pak Wawan.

Pak Wawan katanya baru 3 kali saja ke Pekan selama 2 tahun. Setelah berhasil mengajaknya, saya berangkat menuju ke Pekan. Disana sudah ramai. Mungkin kalau di Indonesia seperti "pasar murah", atau "pasar malam". Kami keliling, melihat-lihat, dan menemukan beberapa barang kecil. Saya hanya beli makanan ringan dan Temper Glass untuk HP OPPO, Pak Wawan membelinya untuk A5 yang barunya.
Minum Soda
Akhirnya penasaran selama ini terobati juga. Meski tidak beli terlalu banyak, tapi toh ini akan menjadikan pengalaman pertama. Selesai keliling pekan, saya menjemput Pak Bintang. Kami minum-minum menikmati malam ini.[]

Lanjut Hari Ke-32 DISINI.

Saat ini berprofesi jadi BTW, Kadang jadi BLOGGER, yang pasti jadi TEACHER dan semoga jadi WRITER;)