Friday, March 30, 2018

Dua Buku Sayembara Literasi

Model Naira bersama Dua Buku Sayembara
arifsae.com - Saya tetap tidak bisa dilepeaskan dari kebiasaan lama. Berburu lomba. Lomba kali ini diadakan oleh Badan Sayembara Gerakan Literasi, begitu sepertinya namanya.

Saya mengikutkan dua buku untuk diikutkan. Buku pertama berjudul "Usman Janatin dan Harun Tohir, Kisah Perjuangan Pahlawan Dwikora". Buku ini merupakan salah satu buku yang membahas perjuangan kedua prajurit KKO-AL, Usman Janatin dan Harun Tohir. 

Namanya sempat tenggelam beberapa dekade. Tulisan mengenai mereka juga sangat jarang diperhatikan oleh sejarawan. Berlandas semangat itu, buku ini hadir untuk melengkapi dan menambah referensi mengenai perjuangan Pahlawan Nasional Dwikora itu.
Buku Usman dan Harun
Kemudian buku yang kedua adalah buku yang berjudul Kemegahan Arsitektur Keraton Jawa. Dengan adanya buku ini, kita bisa belajar akan kemegahan bangunan yang pernah menjadi bagian sejarah Indonesia, bahkan sebelum negara itu merdeka. 

Melalui buku ini kita akan mengetahu bagian dan arsitekrut kraton Jawa, yaitu Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta. Karena hanya dua keraton ini yang masih menjadi penjaga budaya Jawa yang masih tersisa hingga saat ini.
Buku Kemegahan Arsitektur Keraton Jawa
Semoga kedua buku ini mendapatkan nominasi, sehingga bisa dinikmati oleh kalangan banyak. Dan menjadi amal jariyah bagi penulis. Amin...[]