Wednesday, October 30, 2019

Sambutan Pensosbud KJRI KK dalam Antologi Puisi Terus-Terusan 1

Cover Buku
Assalamualaikum Wr.Wb.

Sebuah bangsa akan maju seiring dengan majunya pendidikan. Untuk itulah, menjadi sebuah keniscayaan bahwa pendidikan adalah kunci utama dalam membentuk karakter yang unggul, sehingga mereka mampu menyiapkan berbagai tantangan perubahan dunia yang begitu cepat. Dengan itulah, semua warga negera Indonesia harus mendapatkan hak yang sama untuk mengenyam pendidikan.

Begitu juga dengan anak-anak Indonesia yang terlahir di luar negeri, salah satunya adalah anak-anak Buruh Migran Indonesia (BMI) di Malaysia. Mereka tetap mendapatkan perhatian yang sama dari pemerintah Indonesia, sehinga kedepannya tetap memberikan peluang masa depan yang lebih baik lagi. Harapannya mereka akan pulang kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi dan memberikan kontribusinya untuk Indonesia tercinta.

Salah satu upaya pemerintah dalam memberikan akses pendidikan itu adalah dengan mendirikan Community Learning Centre (CLC) di Sabah dan Sarawak, Malaysia. Melalui upaya tersebut, diharapkan dapat membawa dampak yang positif dalam menyiapkan generasi emas Indonesia. Upaya itu ditambah dengan penanaman nilai-nilai nasionalisme bagi anak-anak Indonesia yang berada di Malaysia.

Kehadiran CLC, bukan hanya sekedar menjadi tempat kegiatan belajar-mengajar, tetapi lebih dari itu telah menjadi pendongkrak tumbuh kembangnya kreatifitas termasuk budaya membaca dan menulis.  Dan sekali lagi, saya menyambut baik terbitnya buku kumpulan antologi berjudul, Terus-Terusan ini yang ditulis oleh para guru dan murid CLC. Melalui puisi, mereka mengekpresikan harapan, cita-cita dan mimpi serta segala persepsi mereka mengenai hidup dan kehidupan ke dalam goresan kata-kata yang indah.

Pada kesempatan yang baik ini, saya selaku Konsul Fungsi Pensosbud KJRI Kota Kinabalu sekali lagi menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para guru dan siswa-siswi CLC Terusan 2 termasuk 2 Tempat kegiatan Belajar (TKB)  yaitu CLC Andamy dan Terusan 1. Saya berharap kiranya buku ini dapat menginspirasi dan menjadi penyemangat bagi anak-anak BMI untuk terus belajar berkarya.

Selamat Membaca!

Wassalamualaikum Wr.Wb.
Kota Kinabalu, 8 Juli 2019


Cahyono Rustam