Monday, December 28, 2020

Asal Usul Nama Karangmanyar

 

Karangmanyar (dokpri)

arifsae.com - Desa Karangmanyar terletak di Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga dengan luas wilayah 52,666 km3. Rata-rata masyarakat di desa ini bekerja sebagai karyawan swasta. Hal ini dikarenakan banyaknya pabrik-pabrik, khususnya pabrik rambut yang berada di sekitar desa tersebut. Selain itu, pertanian di desa ini cukup baik, karena masih banyaknya sawah-sawah disekitar desa tersebut. Untuk masalah pendidikan di desa ini belum terlalu baik. Hal ini di karenakan masih kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan. 


Banyaknya pabrik-pabrik di sekitar desa ini juga menjadi salah satu faktor penyebab mengapa pendidikan di desa ini belum terlalu maju. Rata-rata dari masyarakat desa ini menyelesaikan sekolahnya sampai tahap SMA dan memilih bekerja di pabrik-pabrik tersebut. Namun ada juga dari mereka yang hanya menyelesaikan pendidikannya sampai tahap SMP. Walaupun begitu, tak jarang pula dari mereka yang dapat menyelesaikan pendidikannya sampai ke perguruan tinggi.


Lepas dari uraian diatas, Desa ini memiliki sebuah cerita tentang asal usul nama Desa Karangmanyar itu sendiri. Ada dua sumber yang menceritakan mengenai asal-usul nama Desa Karangmanyar. Berdasarkan sumber yang pertama mengatakan bahwa Nama Desa Karangmanyar berasal dari sebuah cerita di masa lampau yang menceritakan bahwa dahulu kala di suatu pekarangan milik seseorang yang di tumbuhi dengan Pohon Kelapa, ada sekelompok Burung Manyar yang selalu hinggap di Pohon Kelapa itu. Sekelompok Burung Manyar itu berjumlah cukup banyak. Karena melihat cukup banyaknya jumlah Burung Manyar yang hinggap di Pohon Kelapa itu akhirnya masyarakat mulai mengenal  desa itu dan menjulukinya dengan nama Desa Karangmanya.


Lain halnya dengan sumber yang pertama, sumber kedua mengatakan bahwa nama Desa Karangmanyar diambil dari sebuah cerita lampau yang menceritakan bahwa dahulu kala desa ini merupakan desa yang memiliki pertanian yang maju dimana di desa tersebut dialiri banyak sungai. Diketahui juga bahwa dipinggir sungai-sungai itu terdapat batu-batu sungai yang berukuran besar. Suatu hari salah seorang dari penghuni desa itu  melintas di pinggir sungai, saat melintas dia melihat sekelompok burung yang berjumlah cukup banyak hinggap di batu sungai itu. 


Orang itu pun menceritakan apa yang dia lihat kepada warga yang lain. Lalu para warga penghuni desa itu berbondong-bondong menuju kearah sungai untuk melihat burung  itu. Setelah dilihat dari dekat, ternyata sekelompok burung itu adalah Burung Manyar. Beberapa hari setelah kejadian itu, masyarakat sekitar mulai mengenal desa tersebut dan menamai desa itu dengan nama Desa Karangmanyar.


Berdasarkan cerita mengenai asal usul nama Desa Karangmanyar diatas, dapat  dilihat adanya persaman yang terdapat di kedua sumber itu, yaitu nama Desa Karangmanyar diambil karena banyaknya Burung Manyar di desa itu. Namun jika dilihat secara seksama, sumber yang paling mendekati tentang asal usul nama Desa Karangmanyar adalah sumber ke dua. Hal itu dikarenakan arti karang itu sendiri dapat di umpamakan sebuah batu, sedangkan manyar merupakan burung yang sesalu hinggap di desa itu dengan jumlah yang banyak sehingga masyarakat menyebutnya Desa Karangmanyar.

 

Sumber Referensi:

albummapeltik.blogspot.co.id, diakses 7 November 2016.

Penulis Gaby Ayu Ningtyas

UNTUK MEMBELI BUKU ASAL USUL 80 NAMA DESA PURBALINGGA DISINI