Wednesday, January 10, 2018

Sambutan Bupati Purbalingga, H. Tasdi, SH, MM dalam Buku Biografi Usman Janatin

KATA SAMBUTAN
H. Tasdi, SH., MM.
(Bupati Purbalingga Periode 2016-2021)

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah, saya menyambut baik dengan kehadiran buku yang berjudul Patriot Bangsa dari Kota Perwira: Biografi Usman Janatin, 1943-1968 ini dengan rasa syukur terhadap kehadirat Allah subhanahu wa ta’ala. Tidak lupa sholawat dan salam selalu tercurahkan kepada junjungan Nabi Agung, Muhammad sallallahu alaihi wasallam. Buku yang mengangkat seorang tokoh Pahlawan Nasional yang berasal dari Kabupaten Purbalingga ini akan mengantarkan generasi muda menjadi lebih mengenal dan meneladani sikap nasionalisme dan patriotisme yang tertanam dalam diri Usman Janatin.
Kabupaten Purbalingga sendiri mempunyai slogan “PERWIRA”, yang bermakna secara harfiah gagah dan berani atau seorang sosok pahlawan. Penggunaan nama ini tidak berlebihan, karena memang di Kota Purbalingga ini lahir berbagai tokoh pahlawan, yang diakui baik secara lokal maupun nasional. Misalnya saja nama Panglima Besar Jenderal Soedirman yang merupakan asli kelahiran dari Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga. Jasanya tentu tidak diragukan lagi oleh Bangsa Indonesia pada umumnya.
Nama lain yang menjadi sosok Pahlawan Nasional dari Kabuaten Purbalingga tentunya yang menjadi topik dalam buku ini, Usman Janatin. Dia berperan dalam Konfrontasi Indonesia-Malaysia dengan jargon “Ganyang Malaysia” ini. Didalam buku ini, tersaji kehidupan Usman Janatin dari kecil hingga diangkat menjadi Pahlawan Nasional. Buku ini menjadi penting bagi Kabupaten Purbalingga karena memang masih minimnya buku tentang Usman Janatin tersebut. Oleh karena itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Purbalingga, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada saudara Arif Saefudin yang telah berhasil menyusul buku ini.
Untuk itu, kami menyambut baik dengan diterbitkannya buku Patriot Bangsa dari Kota Perwira: Biografi Usman Janatin, 1943-1968 ini, karena dengan diterbitkannya buku ini, dapat memberikan berbagai informasi dan gambaran tentang biografi Usman Janatin, sehingga dapat menumbuhkan ketauladanan dalam menjalani kehidupan kebangsaan bagi generasi muda Kabupaten Purbalingga khususnya, dan untuk masyarakat Indonesia pada umumnya.
Akhirnya, semoga buku ini dapat membawa manfaat bagi Kabupaten Purbalingga sesuai dengan harapan kita bersama. Semoga hal yang baik ini dapat diteruskan, terutama penulisan-penulisan buku tentang Kabupaten Purbalingga dimasa-masa yang akan datang.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
                                                            Purbalingga, 18 Desember 2017
Bupati Purbalingga
H. Tasdi, SH., MM.


Saat ini berprofesi jadi BTW, Kadang jadi BLOGGER, yang pasti jadi TEACHER dan semoga jadi WRITER;)