Thursday, November 16, 2017

Bye Brunei Darussalam || Hari Ke-101

Pulang ke Sabah

arifsae.com - Jadwal hari ini pulang. Tentunya pulang ke Sabah. Karena baju yang sudah dipakai disini sudah numpuk, pagi-pagi saya mencuci baju. Disini memang disediakan mesin cuci untuk mencucui, dan dari kemarin kawan-kawan memang sudah menggunakan fasilitas ini.

KBRI Brunei juga masih memberikan kiriman makanan. Jadi kami tidak membeli makanan diluar. Makanan yang dikirimkan juga khas Indonesia, jadi cocok untuk lidah. Setelah ini, kami praktis tidak mempunyai kegiatan apa-apa selain membereskan baju dan merapikan perlengkapan sendiri, karena nanti jam 12 siang kami akan menuju ke Bandara antar bangsa Bandar Seri Begawan.
Siap Menuju Bandara
Dan jam 12 bus yang akan mengantar kami sudah siap untuk mengantarkan kami ke bandara. Ada kawan yang tertinggal, ternyata setelah bus berangkat masih dikamar. Jadi terpaksa kami memutar balik untuk menejmput kawan kami itu.

Sepanjang jalan saya mencoba untuk menikmati keindahan Brunei untuk terakhir kalinnya. Karena setelah ini mungkin tidak tau kapan akan kembali kesini lagi. Kami melewati Istana Nurul Iman, yaitu istana tempat tinggal sultan Brunei. Istana ini katanya merupakan istana terbesar dikawasan Asia. Memang megah dan luar biasa indah.
Bandara Brunei
Tidak lama akhirnya sampai juga ke Bandara Internasional Brunei. Seperti bangunan khas di Brunei, bandaranya juga sangat megah. Indah. Karena rencana terbang jam 15.30, dan saya sampai jam 13.00, jadi kami solat dulu dan mencari makan.

Saya masih bersama Nur Kholis Majid dan Devi Rahman untuk jalan-jalan melihat bandara dan menikmati makan siang.
Siap untuk Pulang
Selebihnya, kami hanya habiskan duduk-duduk untuk akhirnya jam 14.30 kami diminta untuk chek in. Pemeriksaanya tidak terlalu ketat, hanya 2 kali pemeriksaan sudah membawa kami untuk menunggu diruangan tunggu.

Tepat jam 15.30, kami terbang menuju ke Kota Kinabalu. Saya pikir lama, niatnya mau tidur sebentar, tapi ternyata perjalanan hanya 20 menit. Sebentar saja sudah sampai. Saya membandingkan perjalanan sehari yang menggunakan bus kemarin, dengan pesawat yang hanya 20 menit saja.

Sesampainya di bandara Kota Kinabalu, ada sedikit insiden, pesawatnya mati. Kawan-kawan padahal sudah siap untuk turun. Tapi ternyata harus menunggu karena mati. Tidak lama, karena langsung hidup kembali, sehingga kami langsung menuju ke luar untuk kembali ke SIKK, tentunya setelah melewati antrian yang panjang untuk di cap.
Antrian Cop
Perjalanan menuju ke SIKK lumayan lama, dan jam sudah menunjukan pukul 18.00 lebih. Tapi karena macet, jadi perjalanan kami terkendala. Saya dan Pa Majid berencana untuk jalan-jalan nanti malam. Ingin nonton film, rencananya.

Jam 10 malam kami keluar. Kami menuju ke Mall One Borneo menggunakan garb. Kami langsung menuju ke bioskop untuk menonton film terbaru, kali ini ada Justise League. Film yang baru rilis ini memang masih banyak penonton. Film ini merupakan film gabungan superhero, seperti Batman, Superman, Wonder Woman dan lainnya.
Bersama Orang yang Banyak Masalah
Film akhirnya selesai jam 12 malam. Kami turun. Tidak selancar ketika naik, toko sudah tutup semua. Ini membuat kami tersesat. Putar-putar tapi tidak menemukan jalan.

Akhirnya setelah bertanya, kami keluar dan memesan grab. Kami sampai jam 1.30 pagi, cuape. Lanjut saja tidur, besok menuju ke hotel untuk lanjut mengikuti bimtek.[]

Lanjut Hari Ke-102 DISINI.